National

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Landa 32 Provinsi di Indonesia

Curah hujan tinggi menyebabkan tiga wilayah di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, mengalami banjir pada Sabtu (8/10/2022). Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung I Ketut Murdika mengungkapkan, tiga lokasi di kawasan Kuta yang dilanda banjir, yakni Jalan Blong, Jalan Dewi Saraswati, dan Jalan Pandawa. Dari tiga wilayah tersebut, pihaknya telah melakukan evakuasi terhadap 154 orang wisatawan dari tempat mereka menginap.

Dikutip dari kompas.com “(Dari 154 wisatawan ini) 35 orang WNA (Warga Negara Asing), sisanya WNI (Warga Negara Indonesia),” Adapun rinciannya, yakni sebanyak 33 wisatawan yang terdiri dari 23 orang WNA dan 10 orang WNI dievakuasi dari tiga vila di Jalan Blong, Gang Baik-Baik, Seminyak, Kuta.

Advertisement

Sementara itu menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , Sebanyak 32 provinsi di Indonesia mulai 9 Oktober 2022 diprediksikan akan dilanda cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan.

“Berdasarkan analisis terkini, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Minggu (9/10/2022).

Dwikorita menyebutkan, perkiraan cuaca ekstrem merupakan hasil analisis dinamika atmosfer terkini dari BMKG. Hasilnya, terdapat sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. Selain itu, perkiraan terjadinya cuaca ekstrem juga didukung dengan aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Julian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

DPM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...