Football

Cetak Sejarah!, Wasit Keluarkan Kartu Putih di Portugal

Sejarah tercipta ketika wasit Catarina Campos mengganjar kartu putih untuk Sporting Lisbon dan Benfica pada laga perempat final Piala Liga Wanita di Estadio Da Luz, Lisbon, Sabtu (21/1).

Wasit Campos mengeluarkan kartu putih pada menit ke-44 setelah anggota tim medis Sporting dan Benfica memberikan pertolongan kepada seorang fans yang pingsan di tribune penonton.

Advertisement

Wasit Campos memberi kartu putih untuk Benfica dan Sporting. Tindakan wasit itu mendapat reaksi meriah lebih dari 15 ribu suporter yang hadir di Estadio Da Luz.

Dikutip dari Sky Sports, ini adalah kali pertama dalam sejarah sepak bola profesional, putra dan putri, ada wasit yang mengeluarkan kartu putih dalam sebuah pertandingan.

Kartu putih diketahui adalah inisiatif Lembaga Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong aksi fair play dalam sebuah pertandingan olahraga. Inisiatif itu kemudian diadopsi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) untuk pertandingan sepak bola.

Wasit memberikan kartu putih sebagai ganjaran bagi tim atau pemain yang melakukan aksi fair play dalam pertandingan. Berbeda dengan kartu kuning dan kartu merah yang dipakai sejak Piala Dunia 1970, kartu putih bukan untuk memberi hukuman negatif bagi pemain dan tim.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...