World

3,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Bantuan Amerika Serikat Tiba di Indonesia

Sebanyak 3,5 juta dosis vaksin corona Pfizer mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (4/3/2022). Kloter vaksin itu merupakan tambahan bantuan dari Amerika Serikat untuk Indonesia.

AS, bekerja sama dengan COVAX dan UNICEF, telah menyumbang lebih dari 32,3 juta dosis vaksin COVID-19 untuk membantu Indonesia mencapai target vaksinasi.

Advertisement

“Amerika Serikat memegang teguh komitmen kemitraan kami dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi, menjaga kesehatan masyarakat, dan membuka kembali perekonomian,” tutur Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Jeff Cohen, dikutip dari siaran pers Kedubes AS di Indonesia.

Bantuan AS tak hanya terbatas pada sumbangan dosis vaksin, tapi juga memberikan dukungan berupa tempat vaksinasi, pelatihan bagi petugas kesehatan, dan bantuan logistik distribusi vaksin ke daerah-daerah terpencil.

Melalui media sosial dan pesan publik lainnya, USAID dan mitra organisasi masyarakat sipil juga telah menjangkau puluhan juta masyarakat Indonesia dalam promosi vaksinasi.

Pihaknya turut membantu melawan penyebaran informasi yang salah dan disinformasi. “Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 180 juta orang di Indonesia—hampir sekitar dua pertiga populasi penduduk Indonesia. AS telah membantu sekitar 44.000 petugas kesehatan garis depan serta memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia,” sambung siaran pers tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...