World

Kedubes Inggris Rayakan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II dengan Tanam Pohon

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menanam pohon Gaharu di pekarangan kantor mereka untuk memperingati 70 tahun kekuasaan Ratu Elizabeth II atau yang disebut Jubilee Platinum. Ratu Elizabeth II adalah penguasa Inggris yang berkuasa paling lama dalam sejarah. 

Pohon yang ditanam pada acara bertajuk Queen’s Green Canopy ini adalah pohon Gaharu. Wakil Dubes Inggris Rob Fenn menanam tanaman itu bersama dengan para perwakilan negara-negara persemakmuran, termasuk Dubes Australia Penny Williams. 

Advertisement

Rob Fenn mengingat bahwa ketika Ratu Elizabeth II berkuasa, homoseksualitas masih ilegal, diskriminasi masih ada, The Beatles sedang naik daun, hukuman mati masih berlaku, supermarket belum ada, dan ada pula rasio pangan akibat dampak Perang Dunia. Tetapi kini situasi di Inggris sudah berubah.

Penanaman pohon adalah langkah yang sangat simbolis, sebab puluhan tahun kemudian pohon ini akan tumbuh besar, sehingga mirip dengan Ratu Elizabeth II yang berkuasa sangat lama. 

“Saya pikir ini indah dan sangat layak bahwa kita menghormatinya melalui sesuatu yang kokoh seperti menanam pohon,” ujar Rob Fenn di Kedubes Inggris, Rabu (18/5/2022). 

Masih terkait lingkungan, Rob Fenn berkata saat ini Inggris masih terus mendorong agar terjadi realisasi kesepakatan di COP26 yang digelar di Glasgow. Hal tersebut masih menjadi fokus bilateral Inggris saat ini. 

Ketika Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss datang ke Indonesia, Rob Fenn berkata isu kehutanan dan lingkungan juga menjadi bagian pembahasan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...