National

DPR Sahkan 9 Anggota Komnas HAM periode 2022-2027

DPR RI resmi mengesahkan 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna di kompleks parlemen Senayan, Selasa (4/10/2022). Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani itu diawali dengan pembacaan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komnas yang disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh. Dilanjutkan dengan pengambilan keputusan dipimpin oleh pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menetapkan sembilan nama calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Komisi III telah memilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar sejak Jumat, 30 September lalu.

Advertisement

Sembilan nama itu adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P Siagian, Uli Parulian Sihombing. Atnike Nova Sigiro ditunjuk sebagai ketua.

“Sudah (hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Komnas HAM), ada sembilan nama,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir ketika dikonfirmasi, Senin (3/10).

Di antara nama-nama calon anggota Komnas HAM terpilih tidak ada nama anggota periode sebelumnya. Adapun dua anggota Komnas HAM sebelumnya yang mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan adalah Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin.

Berikut daftar anggota Komnas HAM periode 2022-2027:
1. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
2. Anis Hidayah
3. Abdul Haris Semendawai
4. Hari Kurniawan
5. Prabianto Mukti Wibowo
6. Pramono Ubaid Tanthowi
7. Putu Elvina
8. Saurlin Siagian
9. Uli Parulian Sihombing

foto : politik.rmol.id

(SAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...