National

ITDC Persiapkan WSBK, Sambil Kembangkan Mandalika sebagai Sport Tourism Destination

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyampaikan, ITDC Group terus mengejar persiapan WSBK yang akan berlangsung 11-13 November mendatang.

Beberapa pekerjaan penyempurnaan tengah dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan Dorna dan FIM meliputi; penyempurnaan permukaan lintasan utama (dengan cara melakukan pengaspalan ulang pada track), penambahan run off pada beberapa tikungan, perubahan kerb pada beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb untuk meningkatkan keamanan.

Advertisement

“Permintaan penyempurnaan ini disampaikan oleh Dorna dan FIM setelah melakukan evaluasi atas pelaksanaan balapan MotoGP pada bulan Maret 2022 lalu serta adanya beberapa perubahan regulasi dari FIM yang mengharuskan Sirkuit dilakukan peningkatan atau upgrading. Pekerjaan penyempurnaan track direncanakan selesai seluruhnya pada akhir Oktober 2022,” Jenas Andhi.

Selain melaksanakan track improvement, ITDC-MGPA juga tengah berupaya untuk mendapatkan homologasi roda empat dari Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) agar bisa melaksanakan berbagai kejuaraan internasional roda empat.

Sembari mengebut persiapan WSBK tersebut, ITDC juga tengah mempersiapkan pengembangan Sport Tourism di kawasan tersebut.

Kawasan The Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), memiliki lanskap terdiri dari bukit, pantai, laut dan didukung fasilitas kawasan yang lengkap sehingga potensial untuk penyelenggaraan berbagai jenis sport event dan juga sport tourism.

Sport tourism adalah tren pariwisata baru yang memiliki pasar cukup besar. Potensi pertumbuhan sport tourism diperkirakan bisa mencapai hampir Rp18,790

Selain itu, menurut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati, Sport Tourism memiliki karakter berkelanjutan, karena berkembang sesuai dengan gaya hidup dan bisa menarik repeat visitors.

“Kami melihat sport tourism memiliki karakter berkelanjutan, karena berkembang sesuai dengan gaya hidup dan bisa menarik repeat visitors. ITDC menangkap peluang besar dalam sport tourism dan karenanya siap ikut mengembangkan sport tourism di Indonesia melalui penyelenggaraan berbagai sport event di destinasi pariwisata yang dikelola.” ujar Ari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...