National

Jokowi : “Badai Besar Akan Datang!”

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa dunia saat ini menghadapi ancaman besar, di mana tidak semua negara bisa bertahan dalam menghadapi ancaman tersebut.Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka Sidang The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Kata Jokowi, dalam menghadapi ancaman besar ini kemampuan dari setiap negara berbeda-beda, ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi. Jokowi menambahkan, tapi banyak juga negara yang terancam jadi negara gagal yang berdampak pada jutaan warganya serta memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global.

Advertisement

Jokowi juga menceritakan dunia tengah menghadapi tantangan yang berat saat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, dan menyebut, saat ini dunia juga dihadapkan pada masalah gepolitik yang memicu sejumlah krisis.

“Menimbulkan dampak global, ancaman krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan menghantui semua negara,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, dunia juga kini menghadapi dampak perubahan iklim yang dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan pada produksi pangan. Ancaman kelaparan pun muncul.

“Karena itu saya yakin forum parlemen G20 ini menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen untuk menyelesaikan masalah masalah nyata yang dihadapi seluruh warga dunia,” jelasnya.

(SAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...