National

Saling Tuding PT LIB & Indosiar Soal Jam Tayang Arema vs Persebaya

Direktur Program dan Produksi Indosiar dan SCTV, Harsiwi Achmad membantah mengatur jam tayang laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya agar tetap digelar malam hari. Harsiwi menyebut jam tayang Liga 1 termasuk laga Arema kontra Persebaya telah ditentukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang dikoordinasikan bersama dengan Indosiar.

“Jadwal tayang itu sudah disusun oleh LIB, dikoordinasikan dengan indosiar kemudian dalam perjalanannya terjadi dinamika dan endingnya memang LIB yang menentukan tayang, kemudian Indosiar harus mengikuti jadwal tayang tersebut,” ujar Harsiwi usai bertemu TGIPF Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022) malam.

Advertisement

Harsiwi mengatakan jadwal yang telah disusun itu dapat berubah sesuai kondisi lapangan. Dia menyebut Indosiar tetap harus mengikuti jadwal dari PT LIB.

Harsiwi mengatakan Indosiar sepenuhnya mengikuti keputusan jadwal tayang Liga 1 saat Arema FC melawan Persebaya sesuai dengan PT LIB. Sebab, PT LIB merupakan operator.

“Kami semua mengikuti apa yang sudah ditentukan PT LIB, karena PT LIB adalah operator yang menjalankan, yang tau lapangan seperti apa, mengkoordinir semua stakeholder, termasuk kami sehingga kami harus mengikuti apa yang diputuskan PT LIB,” jelas dia.

Harsiwi juga membantah bahwa laga Arema kontra Persebaya sengaja ditayangkan malam hari karena pertimbangan jam prime time di televisi. Harsiwi menepis adanya kepentingan iklan rokok yang membuat laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya tetap digelar malam hari.

“Saya kemukakan itu tidak benar,” katanya. Harsiwi menyatakan bahwa kerja sama penyelanggaraan Liga 1 sejak 2018 hingga kini tidak pernah ada iklan rokok.

Ia mengklaim iklan rokok baru muncul setelah pertandingan selesai. “Karena itu namanya time signal rokok, itu waktu tertentu di mana rokok itu masuk. Itu jam 21.30 kan baru boleh beriklan,” katanya.

Sementara dilansir Detik.com, itu PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku kepada TGIPF bahwa jam tayang laga Arema FC Vs Persebaya yang berujung Tragedi Kanjuruhan merupakan permintaan Indosiar selaku broadcaster atau stasiun TV yang menyiarkan pertandingan tersebut. Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Rhenald Kasali mengatakan PT LIB mengaku harus memenuhi permintaan tersebut.

“PT LIB mengatakan broadcaster mintanya begitu, harus dipenuhi. Menurut PT LIB,” kata Rhenald kepada wartawan, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Rhenald mengungkapkan ada kontrak yang bernilai cukup besar antara PT LIB dengan Indosiar. Pertandingan ini diketahui tetap digelar pada malam hari sesuai instruksi dari Indosiar selaku broadcaster. Dia juga menyebutkan bahwa PT LIB terlalu sering mengubah jadwal pertandingan sehingga laga Arema FC versus Persebaya kala itu tidak dapat diubah jadwalnya.

“Saya sempat tanyakan, PT LIB mengatakan kita (LIB) sudah terlalu sering ubah jadwal (pertandingan),” kata Rhenald.

(sah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...