National

Erick Thohir : Industri Mobil Listrik Bisa Buka Lapangan Kerja Baru

Menteri BUMN Erick Thohir meyakini pengembangan industri motor dan mobil listrik bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi kreator muda di Tanah Air. Menurutnya, ada kesempatan besar mengingat di Indonesia sedari dulu masyarakatnya senang bikin dan beli motor.

“Ini kesempatan dengan baterai listrik yang mungkin kita bukan ahlinya mesin, tidak perlu membuang waktu lagi kita intervensi dengan baterai listrik. Ke depan siapa tahu para kreator muda Indonesia yang biasa membuat motor dan mobil kustom, ini menjadi lapangan pekerjaan baru karena tinggal membeli baterai listriknya saja. Ini yang harus kita pikirkan,” katanya dalam SOE International Conference di Nusa Dua, Bali mengutip Antara, Senin (17/10/22).

Advertisement

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury menyatakan penggunaan sepeda motor listrik dapat menghemat biaya operasional sekitar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta per tahun. Selain membawa keuntungan bagi masyarakat, pemerintah juga akan mendapatkan manfaat dalam bentuk penghematan sebesar Rp1 juta sampai dengan Rp1,2 juta per tahun dengan asumsi rata-rata masyarakat mengisi BBM kurang lebih sekitar enam liter per minggu.

Lebih lanjut Pahala Mansury mengatakan program penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu dari lima inisiatif pemerintah di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bisa melakukan transisi energi, salah satunya dengan membangun ekosistem kendaraan listrik.

#RAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...