World

Grup K-pop BTS Bakal Kembali Setelah Wajib Militer

Agensi yang menaungi grup K-pop BTS, HYBE, mengumumkan anggota mereka akan segera menjalani kewajiban wajib militer dan Jin bakal menjadi member BTS pertama yang akan menjalani kewajiban tersebut serta kembali berkumpul kembali sebagai anggota BTS sekitar 2025.

Setelah pengumuman tersebut tagar #WeWillWaitforYou dan #BTSJin langsung menjadi trending topic di Twitter dan para penggemar di seluruh dunia bahkan berjanji akan terus mendukung BTS dan menunggu mereka kembali berkarya.

Advertisement

Dikutip dari hi.fisipol.ugm.ac.id, program wajib militer dibuat oleh Pemerintah Korea Selatan sebagai bentuk antisipasi dari serangan Korea Utara.
Sedangkan penolakan terhadap wajib militer, dengan alasan apapun, tidak diperbolehkan dan akan dikenakan hukuman penjara dan bagi mereka yang menolak Wamil akan menjadi buronan, dan jika tertangkap bisa dijatuhi hukuman penjara.

Sementara wajib militer atau wamil sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh laki-laki di Korea Selatan yang sudah memasuki usia dewasa, yakni 18 sampai 28 tahun, tidak terkecuali untuk para idol dan aktor ternama. Dikutip dari 90 Day Korea, masa wajib militer seseorang berbeda-beda karena sejumlah faktor mulai dari cabang militer tempat mereka berada, tugas aktif, dan non-aktif.

Sedangkan masa dinas Angkatan Darat dan Marinir Korea Selatan adalah 21 bulan, Angkatan Laut 23 bulan, dan Angkatan Udara 24 bulan.

Adapun untuk tugas tak aktif yakni 24 bulan bagi pekerja sosial atau kerja sama internasional, 34 bulan bagi tenaga teknis industri, dan 36 bulan bagi mereka yang menyelesaikan tugas sebagai dokter, pengacara, dokter hewan, atau peneliti ahli.

Namun Korea Selatan tidak mewajibkan perempuan untuk mengikuti Wamil, tapi bagi yang berminat bisa mendaftar di Korps Pelatihan Perwira Cadangan.

Sementara dalam aturan undang-undang baru Korea Selatan, mereka mengecualikan para atlet yang mendapat medali emas di pagelaran olahraga olimpiade atau Asian Games untuk wamil dalam waktu yang panjang. Skuad Korrsel yang meraih medali emas di Asian Games 2018 diperkenankan memilih wajib militer: melakukan pelayanan sosial selama empat minggu atau latihan bersama Korps Marinis selama tiga pekan.

Salah satu yang merasakan aturan tersebut adalah striker klub sepak bola Tottenham, Son Heung Min, dan Cho Seong-jin. Cho merupakn pianis pertama Korsel yang menang dalam Kompetisi Piano Chopin Internasional.

(SNA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...