World

Alasan Perdana Menteri Inggris Liz Truus Mundur

Perdana Menteri (PM) Inggris, Liz Truss mengundurkan diri dari jabatannya, pada Kamis (20/10). Ia mundur setelah 45 hari menjabat di posisi tertinggi Pemerintahan Inggris.

Pengunduran tersebut ia umumkan usai banyaknya desakan serta tuntutan dari berbagai pihak, termasuk anggota dalam kabinetnya sendiri karena krisis yang terjadi di Inggris setelah ia berkuasa.

Advertisement

“Saya tidak bisa meneruskan mandat yang membuat saya dipilih oleh Partai Konservatif,” ujar Truss saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Truss juga meminta maaf atas kebijakan yang ia ambil sebelumnya, dimana menyebabkan hilangnya banyak investor, hingga terjadinya krisis ekonomi di tengah ancaman resesi.

“Oleh karena itu, saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberitahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif,” ujar Truss, dikutip dari detik

Kendati demikian, Truss mengatakan dirinya akan tetap memimpin Inggris, sampai adanya pengganti yang terpilih.

Dikutip CNN, pemerintahan Inggris mengalami krisis usai adanya anggaran mini yang gagal pada bulan lalu, di mana berisi pemangkasan tarif pajak mencapai 45 persen serta meningkatkan pinjaman pemerintah. Hal tersebut membuat Bank Sentral harus melakukan intervensi, demi mencegah dana pensiun terseret pada kekacauan tersebut.

(SLa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...