National

Menteri Negara Inggris untuk Asia, Energi, Iklim dan Lingkungan Lord Zac Goldsmith mengunjungi Indonesia

Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim dan Lingkungan Inggris di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan (FCDO) akan mengunjungi Indonesia dari 22 hingga 24 Oktober 2022 untuk bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Ibu Siti Nurbaya Bakar untuk membahas kerja sama bilateral antara Inggris dan Indonesia tentang iklim dan lingkungan, khususnya sektor kehutanan dan penggunaan lahan berkelanjutan (FOLU).

Dalam kunjungannya Lord Goldsmith dijadwalkan bertemu dengan pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri RI untuk membahas peta jalan (roadmap) Inggris-Indonesia. Dia juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi untuk menggarisbawahi komitmen Inggris terhadap hubungan Mitra Dialog dengan ASEAN, menyusul persetujuan baru-baru ini atas Rencana Aksi ASEAN/Inggris, yang akan memperkuat ikatan keamanan, memperdalam kemitraan ekonomi dan meningkatkan ketahanan terhadap tantangan bersama seperti perubahan iklim.

Advertisement

Status Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini, serta ukuran dan sumber daya, memposisikannya sebagai negara penting untuk menstimulasi aksi global dalam mengatasi perubahan iklim. Indonesia memiliki kawasan hutan tropis terbesar ketiga di dunia, penting untuk mendukung jutaan mata pencaharian dan untuk menyerap emisi gas rumah kaca. Inggris menyambut baik kepemimpinan Indonesia di COP26, termasuk Presiden Joko Widodo yang berbicara di acara World Leaders’ Summit tentang kehutanan dan tata guna lahan.

Menteri Negara Inggris untuk Asia, Energi, Iklim dan Lingkungan Lord Zac Goldsmith mengatakan:
“Ini adalah kunjungan resmi pertama saya ke Indonesia sebagai Menteri Asia, Energi, Iklim dan Lingkungan. Dengan Kepresidenan G20 Indonesia tahun ini, mereka memainkan peran utama dalam memastikan bahwa semua komitmen yang ditetapkan dalam agenda G20 terpenuhi, termasuk transisi energi, karena kami berusaha untuk mengatasi peningkatan dampak perubahan iklim dan menjaga agar target suhu Perjanjian Paris tetap terjangkau.

Saya memuji kepemimpinan internasional Indonesia dalam isu-isu iklim dan lingkungan, termasuk target dan Rencana Operasi Net Sink 2030 Indonesia yang ambisius dan penetapan standar kayu SVLK yang baru, yang berupaya memastikan kayu Indonesia legal dan berkelanjutan.

Saya berharap dapat bertemu dengan Menteri Siti Nurbaya untuk membahas bagaimana kita dapat memajukan kerjasama kita dengan Indonesia dalam perubahan iklim, keanekaragaman hayati, lingkungan dan pembangunan rendah karbon.
Dengan Kemenlu RI, saya akan membahas Roadmap Inggris-Indonesia, yang menggarisbawahi pentingnya hubungan bilateral antara negara kita.

Karena Inggris adalah Mitra Dialog untuk ASEAN, saya akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Dato Lim Jock Hoi. Kemitraan kami dengan ASEAN adalah inti dari kehadiran kami di Indo-Pasifik dan saya berkomitmen untuk memperkuat hubungan ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...