World

Mengenal PM Inggris Keturunan India

Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris baru, menggantikan Liz Truss pada Senin (24/10).

Mantan Menteri Keuangan era Boris Johnson tersebut ramai diperbincangkan, karena menjadi PM Inggris pertama yang merupakan keturunan India sekaligus termuda sejak 1812. Sunak cukup populer di kabinet Johnson usai mundur dari jabatannya, sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan karena rentetan skandal yang muncul.

Advertisement

Politikus keturunan India-Afrika Timur tersebut dinilai menjadi ahli kebijakan yang bertoleransi pada detail. Pasalnya, langkah tersebut turut diambil oleh sejumlah menteri dan pejabat lainnya, hingga memicu Johnson mundur pada Juli lalu.

Tak hanya itu, Sunak juga terkenal sebagai politikus Inggris paling ramah di media sosial, hingga mendapat julukan “Rishi Dishy”.

Kendati demikian keluarga Sunak juga tak luput dari sorotan publik, terlebih istrinya Akhshata Murty merupakan putri taipan India, Narayana Murthy, salah satu pendiri grup teknologi informasi infosys atau dikenal dengan Bil Gates dari India.

Kedua orang tuanya mulai bermigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an, sehingga dirinya mendapat hak istimewa di beberapa lembaga pendidikan. Dikutip dari CNN, Sunak serta istrinya termasuk dalam Sunday Times Rich List, dengan kekayaan Rp 12,8 triliun. Hal tersebut yang membuatnya masuk orang kaya di Inggris sejak 1989.

(SLa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...