National

Kereta Cepat Jakarta Bandung Akan Diperpanjang Hingga Surabaya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakinkan bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung akan rampung dan mulai beroperasi pada pertengahan 2023 yang beroperasi di jalur ganda sepanjang 142,3 km dan berhenti di empat stasiun, yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Karawang, Padalarang, dan Tegalluar (Bandung).

Pemerintah sendiri tengah mempercepat pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung dimana uji coba perdana yaitu tes dinamis (dynamic test) ditargetkan akan dilakukan pada perhelatan G20 pada November nanti. Luhut menambahkan masalah pembengkakan biaya (cost over run) telah selesai, sementara pembengkakan biaya sendiri terjadi karena masalah teknis, yaitu kerusakan tanah.

Advertisement

Sementara Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diperpanjang hingga Surabaya sehingga dengan kereta cepat, maka rute Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam.

Budi menyebut perencanaan kereta cepat Jakarta-Surabaya saat ini sedang disusun.

“Kita kawal benar kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena enggak mungkin tanpa PU kita jalanin. Jadi, rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam,” kata Budi.

SNA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...