National

Obat Penawar Gagal Ginjal Sudah Tersedia

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengatakan bahwa obat penawar (antidotum) gangguan ginjal akut pada anak sudah tersedia.

“Antidotum diberikan dari Kementerian Kesehatan ke fasilitas-fasilitas kesehatan sesuai kebutuhan,” kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti seperti dilansir Antara, Jumat (28/10).

Advertisement

Pihaknya mengatakan Rumah Sakit (RS) yang merawat pasien dengan gangguan tersebut, dapat melakukan pengajuan permintaan obat tersebut ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selanjutnya ia juga menambahkan saat ini sudah ada dua RS di Jakarta yang menjadi rujukan gangguan ginjal akut atipikal pada anak. Adapun kedua RS tersebut adalah RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan RS Anak dan Bunda Harapan Kita.

Dilansir dari Detik, Dinkes DKI juga masih terus menyiapkan RS daerah tipe A dan B di Jakarta lainnya, untuk dijadikan RS rujukan, seperti RSUD Tarakan, Pasar Minggu, Pasar Rebo, serta Koja. Tenaga kesehatan akan terlebih dahulu dikirimkan oleh Dinkes DKI ke RSCM untuk memberikan pendampingan dan perawatan, sebelum menjadikan RS lainnya menjadi RS rujukan.

(SLa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...