National

Gerhana Bulan Total: Awas Banjir Rob

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan gerhana bulan total terjadi pada hari ini, Selasa, 8 November 2022.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan total akan berlangsung selama 1 jam, 24 menit, 58 detik, di mana puncaknya dapat dilihat pada jam 18.00 WIB/19.00 WITA/ 20.00 WIT.

Advertisement

Gerhana bulan total ini merupakan fenomena astronomis terakhir kalinya di tahun 2022, setelah sebelumnya terjadi pada 16 Mei lalu sebagai gerhana bulan total yang pertama.

Menurut LAPAN, gerhana bulan total adalah peristiwa di saat permukaan bulan memasuki kawasan inti (umbra) bumi. Terjadi pada saat matahari, bumi, dan bulan berada di satu garis yang sama, sampai bayangan bumi menutupi bulan.

Namun, meski gerhana bulan total ini terkenal dengan keindahannya, fenomena tersebut juga memiliki dampak. Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Thomas Djamaluddin mengatakan akan ada pasang air maksimum di wilayah pantai.

Thomas menjelaskan bahwa faktor utama yang menjadi penyebab banjir rob merupakan konfigurasi bumi, bulan, dan matahari. Selanjutnya, BMKG juga mengkonfirmasi bahwa faktor astronomi sebagaimana gerhana bulan dan matahari dapat menjadi pembangkit utama pasang dan surut air laut.

Dikutip dari Kompas, adapun banjir rob di wilayah Jakarta, diperkirakan akan terjadi pada 8-14 November 2022.

(SLa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...