National

KTT G20 Akan Dihadiri 17 Kepala Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, sebanyak 17 kepala negara akan datang dalam acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. Dua di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau secara langsung sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

“Sudah, itu yang sudah pasti (hadir) 17 (kepala negara/kepala pemerintahan),” kata Jokowi, dikutip dari liputan 6.

Menurut Jokowi, kehadiran 17 kepala negara anggota G20 itu sudah sesuai harapan. Karena, situasi dunia saat ini dalam keadaan sulit dan tidak kondusif.

“Saya kira dalam posisi normal biasanya juga hadir 17-18 (kepala negara). Ini posisi yang tidak normal, sangat sulit, semua negara sangat sulit. Kalau kehadiran sampai sejumlah itu saya kira sudah sangat bagus, sangat bagus,” kata dia.

Sementara itu, kata Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan akan menimbang-nimbang situasi dan kondisi di negara masing-masing. Jika diasa mungkin, kedua pemimpin negara itu akan menghadiri KTT G20.

“Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi membeberkan tingkat kehadiran para pemimpin negara ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali pada 15-16 November 2022, sangat tinggi. Menurut dia, para pemimpin negara G20 akan mulai tiba di Indonesia pada 13 November.

“Kalau dilihat dari jadwal kedatangan, kedatangan para pemimpin sudah akan mulai terjadi pada tanggal 13 November, sebagian besar per data hari ini akan tiba di tanggal 14 November,” ujar Retno.

(EMR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...