Government

Kerja Sama Lokapala dan Greenwillow Percepat Kebangkitan Industri Gim Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaprekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Lokapala dan Greenwillow yang diyakini akan meningkatkan upaya pengembangan industri gim Indonesia sehingga diharapkan mampu mempercepat kebangkitan ekonomi dan memperluas lapangan kerja.

Advertisement

Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, di Gedung Sapta Pesona, Senin (5/12/2022), mengatakan perkembangan industri gim di Tanah Air saat ini menyimpan potensi besar karena industri ini merupakan industri konten/IP terbesar di dunia yang mampu menyumbang transaksi hingga Rp3.200 triliun di tahun 2022.

Pemerintah dan para pelaku industri telah membuat strategi pemetaan isu prioritas terkait pengembangan industri gim dan sedang disusun juga Rancangan Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Indonesia yang dikawal oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf.

“Kami sedang menyusun Rancangan Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Indonesia, dan tiba-tiba Lokapala game yang bergenre MOBA yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dan telah diikutsertakan Piala Presiden Esport 2021 dan 2022, serta PON 2022 memberikan kabar akan mendapatkan sebuah komitmen pendanaan dari GreenWillow Capital,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf mengatakan Penandatanganan investasi Greenwillow dan Lokapala difasilitasi oleh Kemenparekraf sebagai bentuk pendukungan penuh terhadap industri IP
kreatif.

“Dan kami berharap ini bisa menjadi percontohan bahwa IP Indonesia mempunyai potensi untuk masuk ke pasar internasional. Dan harapannya bisa menginspirasi para investor agar juga bisa berpartisipasi untuk berinvestasi dalam IP lokal,” kata Menparekraf.

Sementara itu , CEO Lokapala Ivan Chen, mengatakan Lokapala telah mendapatkan investasi dari Greenwillow sebesar USD 3 juta. Ia berharap kolaborasi ini akan menghasilkan industri gim Indonesia yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Sebagaimana kita tahu bahwa industri konten atau IP atau gim terutama selama masa pandemi mampu naik pesat, gim yang di mobile transaksinya naik 170 persen, dan diperkirakan akan terus naik tahun depan. Ini membuktikan bahwa industri gim driver mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Kenapa? Bahwa kami juga berharap industri IPnya yang berkolaborasi dengan sektor lain, jadi bisa didorong dengan merchandising maupun animasi, filmnya sehingga membuka lapangan kerja baru,” kata Ivan.

Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam, berharap kerja sama Greenwillow dan Lokapala mampu mempercepat kebangkitan industri gim lokal, termasuk bisa turut serta menyemarakkan ajang SEA Games maupun Asian Games.

“Apa yang dilakukan Lokapala sudah cukup lama dan hasilnya sudah bisa kita lihat bersama, sudah masuk Piala Presiden Esport 2021 dan 2022, serta PON 2022. Dan harapannya tidak lama lagi bisa masuk SEA Games dan nanti mungkin Asian Games. Nanti dari situ bisa menarik developer lain yang bisa membuatkan gim Indonesia yang bisa dipertandingkan,” kata Neil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...