National

Erick Thohir Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Tahun 2022

Media ekonomi terbesar dan terintegrasi, CNBC Indonesia, menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif yang berkontribusi untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

Salah satu kategori yang diberikan yakni The Best Minister, kepada tokoh menteri dan setingkat menteri yang dinilai memiliki kiprah yang paling penting dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional.

Advertisement

Untuk penghargaan The Best Minister CNBC Indonesia Awards 2022 diberikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Adapun penghargaan ini diterimanya secara langsung di Hotel ST. Regis, Jakarta, Senin (12/12/2022).

“Terima kasih kepada CNBC Indonesia yang mempercayakan penghargaan kepada saya, tentu ini hasil kerja direksi dan komisaris BUMN. Tidak mungkin hasil ini tanpa kinerja mereka dan Wakil Menteri saya, tim di Kementerian BUMN yang menjaga transformasi BUMN ini. Tidak mungkin transformasi tanpa transformasi besar, satu manusianya, dan yang tidak kalah penting sistemnya,” kata Erick saat menerima penghargaan.

Selama menjabat, salah satu pencapaian besar Erick yakni merealisasikan holding BUMN yang sudah lama diwacanakan. Selain itu, di bawah arahannya, kini kinerja BUMN semakin solid dengan pengklasteran usaha, diantaranya holding BUMN pariwisata, holding BUMN ultra mikro, holding BUMN perhotelan, holding BUMN pangan, holding BUMN farmasi, holding BUMN pertambangan, hingga holding industri baterai listrik.

Erick berhasil melakukan efisiensi BUMN melalui penyederhanaan jumlah perusahaan pelat merah, dari sebelumnya 142 perusahaan pada awal 2020, hingga menyisakan hanya 41 BUMN pada awal 2022. Targetnya, akan dikonsolidasikan lagi menjadi 30 BUMN.

Alhasil, laba bersih BUMN diproyeksikan bakal meningkat 15% tahun ini menjadi Rp 144 triliun. Sebelumnya, pada 2021 laba BUMN juga sudah pulih menjadi Rp 125 triliun. Selain itu, target dividen BUMN untuk negara juga diproyeksikan meningkat pesat tahun ini di atas Rp 40 triliun, dari setoran tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 30 triliun.

DAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...