National

Wakil Ketua Umum MUI : Tak Elok Nyawer Uang ke Qari, Jangan Terulang Lagi

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Anwar Abbas mengimbau umat Islam agar tak memberikan saweran uang kepada qari atau qariah dengan cara tak sopan dan elok di hadapan publik.

Anwar menilai perilaku menyawer uang sebagai cara tak elok memperlakukan seorang qari atau qariah yang sedang melantunkan ayat suci Alquran atau tilawah.

Advertisement

“Dengan hati nurani kita maka tindakannya tersebut jelas tidak elok dan tidak pantas. Oleh karena itu kita mengharapkan hal-hal seperti itu jangan lagi hendaknya terjadi,” kata Anwar, dikutip dari CNN.

Anwar  berujar, perilaku seseorang yang menyawer dengan cara melempar uang di hadapan qariah di panggung yang viral beberapa waktu lalu itu bisa dipandang sebagai memperlihatkan sikap sombong. Perbuatan itu, kata dia, berlawanan dengan ajaran Islam.

“Lalu [pria] menyelipkan uang yang diberikannya ke jilbab yang dipakai oleh sang qariah. Tindakan itu jelas tidak pantas karena sang qariah adalah bukan mahramnya,” kata dia.

Sebelumnya beredar video viral di media sosial memperlihatkan seorang qariah bernama Nadia Hawasyi yang sedang membaca Alquran disawer uang oleh beberapa jemaah yang hadir.

Dalam video tersebut, terlihat dua orang jemaah laki-laki naik atas panggung dan menyebarkan uang ke arah sang qariah yang sedang duduk membaca Ayat suci Alquran. Salah satu laki-laki itu bahkan terlibat menyelipkan uang di kerudung bagian kening sang qariah.

EMR

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...