National

Mulai Bangun 2024, MRT Fase 3 Balairaja – Cikarang Didanai oleh Jepang

Pemerintah memastikan akan membangun proyek infrastruktur modern Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) dengan rute East-West. MRT yang akan membentang dari Balaraja Banten menuju Cikarang Jawa Barat ini akan didanai oleh Jepang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, proyek MRT Balaraja-Cikarang ini merupakan proyek MRT Fase 3. Menurutnya, Jepang sudah berkomitmen membiayai proyek ini dengan nilai Rp 160 triliun.

Advertisement

“Arahan Bapak Presiden bahwa proyek ini bisa diselesaikan atau financial closing di 2024 sehingga tentu program ini perlu kita tindaklanjuti,” kata Airlangga dalam keterangannya, dikutip Senin (23/1/2023).

Pembangunan MRT rute Balaraja-Cikarang ini akan dilakukan dalam 2 fase. Fase 1 pembangunan akan meliputi area DKI Jakarta. Pada fase 1 akan terbagi lagi menjadi 2 stage. Stage 1 sepanjang 24,527 kilometer (km) dengan jalur Tomang, Dukuh Atas, Senen, Perintis hingga Medan Satria. Stage 2 sepanjang 9,237 km melalui Tomang dan Kembangan.

“Fase 1 MRT East–West diharapkan dapat beroperasi di tahun 2031 dengan target konstruksi paling lambat di tahun 2024,” kata Airlangga.

Sementara itu untuk fase 2 akan terbagi menjadi East-West Banten sepanjang 29.900 km dengan rute Kembangan, Kelapa Dua, hingga Balaraja. Kemudian jalur ke arah Jawa Barat sepanjang 20,438 km dengan rute Medan Satria dan Cikarang.

“Fase 2 sendiri diharapkan akan beroperasi di tahun 2023,” kata dia.

Sumber: Liputan6

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...