National

Yogyakarta Jadi Provinsi Paling Miskin di Jawa, Tapi Penduduknya Terbahagia

Badan Pusat Statistik (BPS) Yogyakarta telah mengeluarkan profil Kemiskinan di Indonesia September 2022 pada Senin, 16 Januari 2023. BPS mencatat Yogyakarta jadi provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa.

Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono menyatakan, jumlah penduduk miskin di DIY pada September 2022 tercatat sebanyak 463.630 orang atau naik 8.900 orang dibandingkan pada data Maret 2022.

Advertisement

Berdasarkan perhitungan angka kemiskinan DIY tercatat sebesar 11,49 %. Persentase ini berada di atas rerata nasional yaitu 9,57%, seperti dikutip dari viva news.

Namun Beny menekankan, kemiskinan tidak hanya dilihat dari statistik angka saja. Namun juga harus dilihat bagaimana kehidupan masyarakat dengan parameter-parameter lain seperti tingkat harapan hidup, tingkat pendidikan, tingkat kebahagiaan dan lainnya.

Senada dengen Kepala Bappeda DIY, Akademisi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta Dr. Murti Lestari M. Si mengungkapkan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan hasil BPS yang mengatakan DIY adalah provinsi termiskin di Jawa.

Kemiskinan didasari oleh pendapatan, dan diukur oleh pengeluaran. Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Tingkat kebahagiaan, harapan hidup dan lainnya tidak lantas menjadi buruk dengan predikat miskin ini.

Murti mengklaim orang bisa bahagia walaupun secara materi tidak berlimpah. Menurutnya, DIY berhasil menciptakan harmoni hidup yang kondusif, sehingga orang bahagia dan panjang umur meskipun belum berhasil berpenghasilan di atas garis kemiskinan.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× hey MOST...